Pekanbaru, RiauTempo.com - Lembaga Peneliti dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Riau (LPPKM Unri) menggelar Pelatihan Akuntan" />
 
Home | Nasional | Internasional | Daerah | Politik | Hukrim | Ekonomi | Sport | SerbaSerbi | Tekno | Lifestyle
 
LPPKM Unri Gelar Pelatihan Akuntansi Keuangan bagi Guru SMK
Selasa, 07-07-2020 - 17:22:26 WIB
Ketua pelaksana pelatihan (pengabdian masyarakat) Dr Gusnardi SE MSi Ak CA foto bersama dosen RM Riadi SE MSi Ak, guru Mainiyanita SPd berserta mahasiswa kunkerta Unri serta guru SMK Masmur, Senin (6/7/2020).
TERKAIT:
 
  • LPPKM Unri Gelar Pelatihan Akuntansi Keuangan bagi Guru SMK
  •  

    Pekanbaru, RiauTempo.com - Lembaga Peneliti dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Riau (LPPKM Unri) menggelar Pelatihan Akuntansi Keuangan bagi para  guru akuntansi dan juga mahasiswa kuliah kerja nyata (kukerta) terintegrasi Unri di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  Masmur di Pekanbaru, Senin (6/7/2020).

    Ketua Pelaksana LPPKM Unri, Dr Gusnardi SE Msi AkCA mengatakan, kegiatan yang dilaksakan di SMK Masmur diharapkan, para guru SMK mampu mengelola keuangan desa dan mampu menyusun laporan keuangan dengan bimbingan tim pengabdian. Sehingga mereka dapat memanfaatkan pelatihan ini sebagai sarana pelatihan yang berkelanjutan dengan menghubungi tim pengabdian untuk memverifikasi hasil yang mereka kerjakan berkaitan dengan akuntansi dana desa.

    ‘’Peningkatan keterampilan guru-guru SMK ini diharapkan berlanjut dalam pengajaran di kelas, untuk materi ajar akuntansi keuangan lembaga, sehingga dapat menghasilkan siswa atau alumni yang paham dan mengerti tentang akuntansi dana desa. Juga diharapkan bisa menjadi operator atau dapat membantu penyusunan laporan keuangan di desa,’’ harapnya.

    Ia menyebutkan, dengan adanya mata pelajaran baru di rumpun keuangan, yang selama ini belum pernah diajarkan yaitu tentang akuntansi keuangan lembaga. Sebelumnya mata pelajaran akuntansi di SMK hanya diajarkan tentang akuntansi keuangan untuk organisasi yang orientasinya untuk bisnis.

    ‘’Dalam jangka panjang peran SMK sangat diperlukan, karena lulusan SMK diharapkan dapat menjadi tenaga operator dalam pengelolaan dan penyusunan laporan keuangan desa. Untuk itu guru-guru SMK perlu dibekali dengan pengetahuan yang memadai tentang akuntansi lembaga, khusunya akuntansi dana desa, mencakup pengetahuan teori dan kurikulum,’’ ujarnya.

    Dijelaskannya lagi, mata pelajaran akuntansi keuangan lembaga di SMK diajarkan, tentang semua proses yang berhubungan dengan transaksi keuangan. Mulai dari pencatatan, mengklasifikasi jenis transaksi, meringkasnya, mengolah dan menjadikan sebuah data, tujuannya adalah untuk menjadikan sebuah laporan keuangan yang akurat. Selanjutnya digunakan oleh pihak-pihak di perintahan khususnya di desa sebelum mereka membuat suatu keputusan atau kebijakan.

    Dalam pelatihan ini, peserta juga dibekali dengan pengelolaan pembelajaran secara daring. Hal ini penting karena secara nasional wabah atau pandemi Covid-19 tidak memungkinkan siswa belajar secara normal. Oleh karena itu guru- guru wajib menguasai pembelajaran ini, dan materi ini diberikan oleh RM Riadi SE MSi, Dosen Pendidikan Ekonomi Unri.

    Sedangkan M Fadhillah Herta salah satu peeserta pelatihan juga mengatakan,  kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa kukerta Unri yang tergabung dalam kukerta terintegrasi.

    ‘’Kami merasa bangga ikut pelatihan dengan sistem daring. Saya selaku ketua kelompok kunkerta ini memberikan aspresiasi positif terhadap pelatihan yang diadakan tim pengabdi LPPM Unri dan MGMP Akuntansi Kota Pekanbaru. Apalagi kegiatan serupa akan dilaksanakan di SMK Ibnu Taimiyah, SMK Saintika, SMKN 6 dan SMK Labor Binaan FKIP Unri,’’ tuturnya.

    Dalam kesempatan itu RM Riadi juga mengatakan, kegiatan MGMP Akuntansi Kota Pekanbaru bertujuan, memberikan wawasan dan pemahaman guru serta mahasiswa dalam mengelola tentang lembaga keuangan yang tujuan menambah ilmu pengetahuaan siswa dan murid SMK dan masyarakat.

    ‘’Tujuan pelatihan ini untuk menambah pemahaman dan mempermudah peserta  dalam  pelaksanaan kegitan ini. Juga memberikan pemahaman kepada perserta, baik guru mau pun mahasiswa kunkerta yang ikut serta dalam pelaksanan pelatihan ini. Biar mudah memahami dan mengembang kan ilmu ini kepada perangkat desa dan mendalami pelatihan ini untuk dipraktek sebangai pengabdian kepada masyarakat,’’ terangnya.(***)




     
    Berita Lainnya :
  • LPPKM Unri Gelar Pelatihan Akuntansi Keuangan bagi Guru SMK
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Indeks Berita  
    01 1177 KPM di Desa se Kecamatan Siak Kecil Terima BLT DD Tahap IV
    02 PDIP Rekomendasikan Enam Bacalon Maju Di Pilkada Riau
    03 BKPRMI, DMDI dan Kosant Gelar Donor Darah di Ponpes Alkautsar
    04 41 Anak Yatim Terima Santunan Pendidikan dari Masjid Ar-Rahim
    05 Deklarasi Koalisi, Lima Parpol Pendukung Sampaikan Komitmen Dukung KBS di Pilkada Bengkalis
    06 Jelang Deklarasi, Kasmarni tegaskan "Pintu masih terbuka untuk Parpol lain ikut bergabung"
    07 Bersama Petani, Kasmarni Syukuran Panen Padi di Duri, Ajak Sisihkan Rezeki Bantu Sesama
    08 26 Pemuda Umban Sari Ikuti Pelatihan Sablon
    09 Mahasiswa dan Generasi Milenial Dukung Program Pendidikan AMAN
    10 PKB Bengkalis Siap Perjuangkan Duet Kasmarni-Bagus, Riza "Tanggung Jawab Moral Sudah diemban"
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 - RIAU TEMPO