Pekanbaru (Riautempo.com) - Pandemi Covid-19 yang mewabah di seluruh negeri, sejak awal Maret  tidak menyurutkan semangat Mahasis" />
 
Home | Nasional | Internasional | Daerah | Politik | Hukrim | Ekonomi | Sport | SerbaSerbi | Tekno | Lifestyle
 
Relawan Covid-19 FK Unri Bekerja Sama dengan Puskesmas Umban Sari Melakukan Sosialisasi New Normal
Minggu, 21-06-2020 - 19:31:01 WIB
Kegiatan Sosialisasi New Normal di Hawaii, Rumbai oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Unri.
TERKAIT:
 
  • Relawan Covid-19 FK Unri Bekerja Sama dengan Puskesmas Umban Sari Melakukan Sosialisasi New Normal
  •  

    Pekanbaru (Riautempo.com) - Pandemi Covid-19 yang mewabah di seluruh negeri, sejak awal Maret  tidak menyurutkan semangat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK Unri) untuk terjun dalam penanganan Covid-19.

    Bentuk partisipasi Mahasiswa FK Unri berupa pemberian edukasi kepada masyarakat mengenai Covid- 19. Berdasarakan surat edaran Dekan FK Unri Nomor B/966/UN19.5.1.1.8/TU.00/2020 tentang Penugasan Relawan Covid-19 kepada Mahasiswa FK Unri sebanyak 11 orang yang dibimbing oleh dosen instruktur dari FK Unri yaitu dr  Suyanto MpH PhD menjadi relawan terhitung tanggal 11 Mei 2020 di Puskesmas Umban Sari, Rumbai.

    Kepala Puskesmas Umban Sari, M Napiri SKM MKL, menyambutkan, dengan sangat baik relawan Covid-19 FK Unri yang bertugas di Puskesmas Umban Sari. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar sehingga dapat teredukasi oleh pada relawan Covid-19 FK Unri.

    ‘’Selaku Kepala Puskesmas saya memfasilitasi agar kegiatan edukasi relawan Covid-19 FK Unri ini dapat berjalan lancar. Tentunya keselamatan dan kesehatan mereka menjadi tanggung jawab saya juga, saat mereka turun ke lapangan dilengkapi juga dengan alat pelindung diri sesuai standar,” ungkapnya.

    Kegiatan relawan di Puskesmas Umban Sari meliputi kegiatan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) mengenai Covid-19 di Puskesmas Umban Sari. Tempat pelayanan public. Seperti masjid, pusat perbelanjaan, dan warga sekitar yang tinggal di daerah Puskesmas Umban Sari.

    Selain memberikan edukasi, Relawan COVID 19 FK unri juga ikut mendampingi dalam pencatatan dan pemantauan baik pasien dalam pengawasan (PDP) ataupun orang dalam pemantauan (ODP) ataupun di wilayah kerja Puskesmas Umban Sari.

    Baru-baru ini relawan Covid-19 FK Unri bersama Puskesmas Umban Sari melakukann sosialisasi mengenai New Normal di pusat perbelanjaan di daerah Rumbai, yaitu Hawaii. Sebelum dilakukannya sosialisasi mengenai New Normal, relawan Covid-19 juga telah melakukan wawancara dengan juru bicara Penanggulangan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi SpP (K ).

    ‘’Berdasarkan wawancara dengan juru bicara Penanggulangan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi SpP (K), walaupun nantinya akan ditetapkan New Normal, yang penting harus disiplin dengan pakai masker saat keluar rumah, physical distancing dan rajin mencuci tangan,” ujarnya.

    Pada kesempatan itu, Dokter Yovi juga menjelaskan, bahwa New Normal harusnya lebih dijabarkan lagi maknanya. New Normal yang di maksud adalah memperbolehkan masyarakat melakukan aktivitas kembali secara bertahap dari aspek sosial, ekonomi, keagamaan, pariwisata dan yang terakhir sekolah dengan tetap menjalankan protocol kesehatan.

    ‘’Pandemi yang terjadi tidak akan mungkin akan berlalu secepat ini karena kita tidak bisa memprediksi kapan akan terjadi lonjakan kasus, untuk dapat menekan jumlah kejadian diperlukan kedisplinan dari masyarakat, “ ungkapnya.

    Menurutnya lagi, sosialisasi ini sengaja dilakukan di tempat keramaian guna untuk mengingatkan masyarakat bahwa New Normal, bukan tandanya kembali normal melainkan masyarakat harus lebih waspada. Dengan harapan diadakannya sosialisasi ini masyarakat menjadi lebih peduli dan membatasi berpergian ke tempat keramaian. Selain melakukan sosialisasi di Hawaii, Rumbai, Relawan Covid-19 juga melakukan edukasi di UMKM, masjid dan warga  sekitar Puskesmas Umban Sari.

    Selain melakukan sosialisasi New Normal di tempat pelayanan publik, relawan Covid-19 FK unri juga melakukan edukasi kepada PDP di wilayah kerja Puskesmas Umban Sari yang menolak untuk di rawat di Rumah Sakit.

    ‘’Setalah dilakukannya edukasi, dua hari setelahnya pasien tersebut bersedia dilakukan Rapid Test di Puskesmas Umban Sari. Kegiatan relawan COVID 19 FK unri juga mendampingi Puskesmas Umban Sari dalam melakukan penyemprotan disinfektan di rumah PDP dan tempat-tempat umum lainnya,’’ ujarnya.(rls)



     
    Berita Lainnya :
  • Relawan Covid-19 FK Unri Bekerja Sama dengan Puskesmas Umban Sari Melakukan Sosialisasi New Normal
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Indeks Berita  
    01 IKPBS Dan Tokoh Bengkalis Ajak Masyarakat Cerdas Memilih Pemimpin
    02 Amankan 1.062 Dus Rokok Tanpa Cukai di Perairan Inhil, Polda Riau Selamatkan Kerugian Negara Rp4.9 M
    03 Bulog Gandeng PWI Peduli Salurkan Bantuan Pangan Dampak Covid-19
    04 Kembangkan Sayap, PT Sabda Cinta Haramain Tour and Travel di Resmikan di Kota Medan
    05 LPPKM Unri Gelar Pelatihan Akuntansi Keuangan bagi Guru SMK
    06 DPP LSM Peduli SDM Riau Sukses Luncurkan dan Resmikan Tim Mitra Market Produk Usaha
    07 Pangdam: Dashboard Lancang Kuning Sangat Baik, Sinergitas Semua Elemen Kunci Keberhasilan
    08 Mahasiswa Kukerta UNRI Bagi Masker dan Handsanitizer Untuk Warga Sungai Pakning
    09
    10
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 - RIAU TEMPO